Sunday, November 4, 2012

Tugas Sistem Operasi, Versioning & Sejarah Mobile OS dan Desktop OS



Keberadaan sistem operasi dalam sistem komputer adalah sebagai perangkat lunak yang mempunyai tugas mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh hardware dan software sebagai sumber daya komputer sekaligus memberikan pelayanan kepada program aplikasi dan pemrogram untuk memudahkan pemanfaatan sumber dayanya. Salah satu caranya adalah melalui control panel. Control Panel adalah bagian dari Microsoft Windows berbasis Graphical User Interface (GUI) yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi sistem dasar pengaturan dan pengendalian melalui applet. Dari sekian banyak yang dilakukan oleh system operasi terhadap system computer, salah satunya adalah pengaturan pada tanggal dan waktu [Date and Time]. OS dibagi 2 berdasarkan dimana dia dinstal. Ada Mobile OS dan Desktop OS. Mobile OS diperuntukkan untuk HP, tablet, misalnya. Sedangkan Desktop OS dibuat untuk PC maupun laptop. Dizaman sekarang yang serba mobile ini OS Mobile berkembang sangat cepat dan kemampuan yang ditawarkanpun lebih beragam. Berikut penjelasan tentang contoh Desktop OS :

Microsoft Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling popular dan masih banyak dipakai oleh pengguna komputer didunia. Versi windows yang paling awal adalah windows 1.0, lalu muncul windows 2.1x, windows 3.0, windows NT, windows 95, windows NT 4.0, windows 2000, windows Me, windows XP, windows server 2003, windows vista, windows 7, dan yang akan segera dirilis adalah windows 8.
Linux
Linux adalah sistem operasi yang bebas bersifat terbuka atau open source. Kode yang terdapat dalam sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Linux sendiri terdapat berbagai macam jenis yang disebut distribusi Linux atau Distro Linux, diantaranya adalah Ubuntu, openSUSE, Fedora, Debian GNU/Linux, Mandriva, Linux Mint, PCLinuxOS, Slackware Linux, Gento Linux, CentOS, FreeBSD.
Dan dibawah akan dijelaskan juga contoh OS Mobile :
Symbian
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Versi dari Symbian antara lain S40, S60, S9.
Windows Phone
Windows Phone adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan  tampilan windows pada desktop atau laptop.


No comments:

Post a Comment