Tuesday, December 18, 2012

Jenis dan Contoh Hardware Beserta Cara Kerjanya

Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:

Jenis Hardware

  •          Input Device
  •          Process Device
  •          Output Device
  •         Storage Device
  •          Perpheral

 

 

Input Device

Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya pada gambar di bawah adalah Keyboard, Mouse, dan Scanner.

Keyboard


Di bawah keyboard ada rangkaian yang terputus-putus, ketika kita tekan tombolnya maka ada aliran listrik yang akan diproses di processor. Keyboard berfungsi untuk memasukkan input berupa angka, huruf , dan karakter-karakter ke dalam computer.

Mouse

Ada sensor yang ada di mouse yang akan memantau setiap gerakan dan menterjemahkanya kedalam computer. Mouse berfungsi sebagai pointer di computer.

Scanner

Membaca gambar menggunakan sinar kemudian hasilnya diterjemahkan ke data lalu dimasukkan kedalam komputer berupa gambar.




Process Device


Perangkat yang digunakan untuk memproses dan mengolah data yang ada dalam komputer sehingga menghasilkan informasi. Contohnya ada di bawah :

Processor

Processor akan mengakses RAM kemudian data itu akan diproses sesuai instruksi yang diberikan.

VGA Card


Hampir sama dengan processor tapi VGA berfokus pada pengolahan data yang nantinya ditampilkan dalam bentuk piksel dimonitor.





Output Device


Perangkat yang digunakan untuk menampilkan keluaran hasil proses. Merupakan perangkat yang terdiri dari alat-alat yang menerjemahkan perintah yang telah diproses komputer ke dalam bentuk yang dimengerti manusia. Contoh-contohnya sebagai berikut :

Printer

 

Data dari komputer akan dikirim ke printer kemudian data itu akan diolah sehingga dapat menghasilkan print out.

Monitor

 

Secara garis besar ada 2 bagian : Backlight & kristal cair. Backlight akan menembakkan sinar ke kristal cair kemudian di belokkan sehingga menghasilkan banyak warna.



Storage Device 

 

Peralatan yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam komputer Ada 2 jenis :

  •   Temporary Memory : Penyimpanan data untuk sementara : RAM
  •   Permanent Memory : Penyimpanan data untuk jangka waktu lama : Harddisk, Flashdisk
    Contoh-contoh sebagai berikut :

 

RAM

 

RAM menjadi penyimpanan sementara, menyimpan data yang sedang dikerjakan computer.

Harddisk

 

Harddisk mempunyai sebuah piringan yang berputar dan berbalut materi magnetik untuk menyimpan data harddisk akan memberikan space magnetik dengan menandainya. Menampung data untuk jumlah banyak.



Peripheral


Perangkat keras (hardware) yang terhubung dengan komputer bisa juga dinamakan sebagai perangkat tambahan yang digunakan untuk keperluan tertentu.

=> Peripheral (periferal) Menurut Jenisnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Main Peripheral (Periferal Utama) : Periferal utama adalah perangkat keras (hardware) yang harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Monitor, Keyboard dan Mouse.
  2. Auxillary Peripheral (Periferal Pendukung) : Periferal pendukung adalah Perangkat keras (hardware) yang tidak selalu harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Printer, Scanner, Modem dll.
=> Peripheral (periferal) Menurut Kegunaannya dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Input (Perangkat Masukan) : Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah kedalam komputer. Contohnya : Keyboard, Mouse, Scanner dll.
  2. Output (Pernagkat Keluaran) : Perangkat Keluaran adalah perngkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contohnya : Printer, Monitor, Speaker dll.

















No comments:

Post a Comment